Home / Info / Sering Sesak dan Jantung Berdebar? Waspadai Gangguan Panik

Sering Sesak dan Jantung Berdebar? Waspadai Gangguan Panik

sesakNapas tiba-tiba terasa sesak, jantung berdebar-debar, dan ingin pingsan? Kebanyakan orang akan mengira ada masalah pada kesehatan jantungnya. Namun, gejala itu bisa jadi merupakan gangguan panik, salah satu jenis gangguan kecemasan yang paling sering dijumpai oleh dokter kesehatan jiwa.

Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Suryo Dharmono mengatakan, gejala serangan panik sering dikira serangan jantung. Tapi, saat melakukan pemeriksaan medis, ternyata tidak ada masalah pada kesehatan secara fisik

“Yang paling sering datang minta bantuan itu, gejala pada umumnya seperti seseorang akan mengalami sesuatu yang fatal. Ketika dilakukan pemeriksaan medis, semua normal. Ternyata setelah dievaluasi, gejala-gejala panik itu dilatarbelakangi oleh masalah psikososial,

Gangguan kecemasan lainnya yang sering ditemui yaitu fobia sosial dan gangguan obsesive compulsive.  fobia sosial adalah gangguan cemas yang muncul ketika seseorang dihadapkan dengan situasi sosial.

Sedangkan obsesive compulsive yaitu melakukan sesuatu berulang kali karena ada perasaan cemas berlebihan, misalnya mencuci tangan berulang-ulang, atau bolak-balik mengecek apakah pintu sudah dikunci.

“Kalau fobia sosial, jika berhadapan dengan situasi sosial, tiba-tiba berdebar-debar, enggak bisa ngomong, tegang, perasaan cemas berlebihan,

 gangguan kecemasan lebih sering muncul pada usia remaja dan dewasa, yaitu usia 18-25 tahun. Jika mengalami gangguan cemas, jangan ragu untuk mengunjungi dokter kesehatan jiwa.
gangguan cemas bisa diobati hingga disembuhkan. Namun, tak tertutup kemungkinan bisa kambuh kembali jika ada pemicu yang kuat, misalnya orangtua meninggal dunia.

Sumber : Kompas.com
x

Check Also

5 Pantai Terindah di Lombok, Cantiknya Bikin Jatuh Cinta!

Pulau Lombok punya ratusan pantai yang semuanya indah dan memiliki kelebihan masing-masing. Namun di antara ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com