Home / Tips / Manfaat Petai China utk Kesehatan & Kecantikan

Manfaat Petai China utk Kesehatan & Kecantikan

petai chinaPetai Cina atau bisa disebut dengan lamtoro merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika tengah. Tanaman ini sangat mudah tumbuh hingga sekarang telah menyebar ke pelbagai bagian dunia. Lamtoro ini juga dikenal sebagai peneduh tanaman kopi, penghasil kayu bakar, dan juga sumber pakan ternak. Selain itu juga sering dijadikan sebagai penghijauan lahan atau pencegahan erosi.

Lamtoro atau petai cina ini cukup menarik untuk kita ketahui manfaatnya bagi kesehatan. Biasanya kita mengenal petai itu berukuran besar, tapi untuk petai cina cenderung berukuran lebih kecil. Walaupun berbeda jauh untuk urusan khasiatnya bagi kesehatan Petai Cina juga tak kalah.

Di beberapa negara pohon petai cina ini dijadikan sebagai tanaman obat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

1. Dapat Meringankan penyakit kulit psoriasis.

Petai cina dapat membantu penderita penyakit kulit psoriasis. Penyakit ini sebenarnya tidak menular tapi jika dibiarkan dapat menjalar ke seluruh tubuh dengan sangat cepat. Psioriasis ini cukup menyiksa karena berasa gatal, kemerahan, kaasar dan kering di kulit.

Untuk meringankan penyakit psoriasis ini anda bisa mengambil biji petai cina atau lamtoro kemudian di haluskan dan dibubuhkan ke area yang terkena penyakit kulit psoriasis. Bisa juga dengan memakannya secara langsung.

2. Mampu menghilangkan rasa nyeri

Tak hanya bijinya saja tapi kulit pohon dari petai cina ini juga membantu menghilangkan rasa nyeri atau analgesik. di berbagai negara banyak yang mengambil kulit pohon petai cina ini untuk dihancurkan kemudian diminum agar bisa menghilangkan nyeri otot atau kram ketika menstruasi. Sayangnya untuk di Indonesia hal ini belum banyak yang mengetahuinya.

3. Mampu Membunuh Cacing

Cacingan yang terjadi pada orang dewasa atau anak-anak bisa diatas dengan menggunakan petai cina. Anda cukup makan petai cina maka akan dapat membunuh cacing. Hal ini dikarenakan petai cina mengandung senyawa yang dapat membunuh cacing. Bahkan pengobatan cina yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia, menggunakan petai cina ini untuk mengeluarkan cacing gelang dan cacing cincin.

4. Mampu Menjaga kesehatan kulit

Daun petai cina juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Bagi wanita tentu saja ini sangat cocok, karena untuk mendapatkan daun petai cina ini cukup mudah. Daun petai cina ini mengandung enzim alami yang dapat memicu pembentukan kolagen di dalam sel-sel kulit sehingga anda akan terhindar dari kulit kusam, kering, dan keriput. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan ekstrak daun petai cina untuk toner kulit yang fungsinya untuk mengurangi kulit berminyak, serta melembabkan dan menutrisi kulit.

5. Dapat menjadi obat anti kanker

Biji petai cina  bisa diekstrak untuk dijadikan sebagai penangkal radikal bebas dan mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Cara mengonsumsinya anda bisa dengan menyeduh atau memakan langsung. Petai cina enak jika dijadikan lalapan atau dimasak sebagai sayur. Jadi sangat mudah jika ingin mengambil manfaat dari petai cina.

Nah, sekarang sudah tahukan apa manfaat dari petai cina atau lamtoro itu. Dulu kebanyakan mengenal sebagai makan ternak, dan ternyata sekarang kita tahu bahwa Petai cina atau lamtoro itu juga sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sumber : Google.com
x

Check Also

sumber gambar : youth-portal.com

Rencanakan Liburan ke Luar Negeri

Berencana liburan pertama kali ke luar negeri? Simak dulu tips dan triknya, ya. Karena siapapun ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com