Home / Info / Jenis Burung Kicau Termahal Di Indonesia

Jenis Burung Kicau Termahal Di Indonesia

Beberapa jenis burung yang masuk dalam kategori  burung termahal di Indonesia mungkin sudah anda ketahui. 5 Burung Termahal di Indonesia:

1. Burung Kenari
Burung kenari ikut dalam jajaran burung termahal di Indonesia. Bukan hanya kicauannya saja yang membuat burung kenari layak mendapatkan predikat salah satu burung termahal, warnanya yang menarik serta tingkahnya yang unik menjadi point plus bagi burung imut dan lucu ini. Harga burung kenari mencapai jutaan rupiah, terutama jenis kenari Yorkshire.
burung termahal

kenari2-300x247Ada beberapa jenis burung termahal ini yang dibudidayakjan di Indonesia, diantaranya; YS (Yorkshire), Holand, F1, F2, F3, AF, AFS, dan Loper. Jika anda belum paham istilah-istilah burung kenari tersebut, Bursa Burung akan menguraikannya.
YS, YS merupakan singkatan dari Yorkshire. Kenari Yorkshire adalah jenis kenari import dimana kenari Yorkshire dijadikan induk utama. Ukuran kenari Yorkshire memliki ukuran paling besar dibandingkan dengan jenis kenari lainnya. Namun tidak ada spesifikasi baku mengenai berat ataupun ukuran tubuh kenari Yorkshire. Ini yang perlu diwaspadai karena banyak pedagang burung kenari yang memanfaatkan keawaman para pembelinya jika si pembeli tidak paham betul tentang burung kenari.
Holland, jenis kenari Holland juga adalah jenis kenari import namun cukup susah jika kita bedakan dengan kenari lokal. Cara yang diambil untuk masalah ini biasanya kenari Holland dikenakan ring atau cincin dikaki.
F1, jenis kenari F1 merupakan keturunan yang pertama dari jenis kenari Yorkshire disilangkan dengan kenari lokal. Sehingga kenari F1 memiliki kualitas yang cukup baik.
F2, tentu saja Anda sudah mempunyai gambaran untuk jenis kenari F2. Butul sekali…! Kenari jenis F2 adalah jenis kenari dari hasil persilangan antara Yorkshire dengan F1.
F3, kenari F3 ialah jenis kenari hasil persilangan antara Yorkshire dengan F2.
AF, jenis kenari AF berasal dari persilangan antara kenari F1 dengan kenari lokal.
AFS, AFS singkatan dari AF super. Jenis kenari AFS berasal dari persilangan antara F1 dengan F1.
Loper, Loper kependekan dari Lokal Super, yaitu hasil persilangan AF dengan Lokal.

2. Burung Murai
Burung murai memiliki bentuk tubuh yang kecil, ukurannya hampir sama dengan burung kenari. Kicauannya yang melengking serta corak bulunya yang unik menjadikan burung ini sebagai salah satu burung termahal di Indonesia. Jenis Murai yang paling mahal adalah jenis Murai Batu Medan. Murai Batu Medan kerap dijumpai di pulau Sumatra, khususnya Sumatra utara.
burung termahal

burung-termahal-di-Indonesia-300x223Ciri-ciri Murai Batu Medan yaitu memiliki ekor yang panjang dan corak putih di sayap. Burung Murai telah berkali-kali menjuarai diberbagai kontes burung di tanah air. Itu adalah faktor lain yang semakin melambungkan harga burung Murai dan menjadikannya salah satu burung termahal di Indonesia. Beberapa jenis Murai ialah:
Murai Batu Medan
Murai Batu Nias, Murai Nias memiliki ciri-ciri ekor dengan kelir hitam polos. Murai Nias dapat dibilang burung cerdas karena mereka mudah dilatih untuk berkicau dengan mengandalkan suara burung yang ada disekitarnya. Perlu Anda ketahui salah satu kelebihan burung Murai adalah mampu menirukan suara burung lain.
Murai Batu Jambi, poetur badannya tidak terlalu besar dan ukuran ekornya rapih namun tidak terlalu panjang. Murai Batu Jambi banyak ditrmukan di wilayah Sumatera Selatan.
Murai Batu Lampung, jenis burung Murai ini sekarang sudah semakin langka karena banyak diburu dan juga kebakaran hutan yang sering melanda habitat burung ini. Maka dari itu jenis Murai ini harganya pun smakin tinngi karena kelangkaannya.
Murai Batu Aceh, Murai Batu Aceh telah ditetapkan sebagai satwa yang dilindungi karena burung jenis ini sudah hampir punah. Murai Batu Aceh terkenal akan kecantikan body nya.
Murai Batu Jawa, penduduk di pulau Jawa kerap menyebutnnya burung Larwo. Bahkan sebagian orang berpendapat bahwa burung ini tida termasuk burung murai karena dilihat dari fisiknya. Namun jika kita telusuri dari segi nama, Larwo masih termasuk dalam anggota Copsychus.

3. Burung Cucak
Jenis burung Cucak yang menempati posisi salah satu burung termahal di Indonesia ialah jenis Cucak Rowo. Makanya dibikin lagu tuh yang judulnya ‘Cucak Rowo”.
image source : photobucket.com

cucakNama lain dari burung Cucak adalah Merbah. Namun nama Cucak lebih populer dan telah melekat. Burung Cucak tidak terlalu istimewa jika kita lihat dari segi fisiknya. Warna, corak dan bentuknya selintas biasa-biasa saja. Tapi kalau masalah kicau, Cucak Rowo lah juaranya..!!
Jenis-Jenis burung Cucak:
Cucak Rowo
Cucak kerinci / Cream-Striped Bulbul (Pycnonotus Leucogrammicus)
Cucak Mutiara / Spot-Nacked Bulbul (Pycnonotus Tympanistrigus)
Cucak Sakit tubuh / Black and White Bulbul (Pycnonotus Melanoleucos)
Cucak Kuning / Kutilang Emas / Black-Crested Bulbul (Pycnonotus Melanicterus)
Cucak Kuricang / Kutilang Sutra / Black-Headed Bulbul (Pycnonotus Atriceps)
Cucak Bersisik / Scaly-Breasted Bulbul (Pycnonotus Squamatus)
Cucak Kelabu / Grey-Bellied Bulbul (Pycnonotus Cyaniventris)
Cucak Cambang Merah / Kutilang Malaysia / Red-Whiskered Bulbul (Pycnonotus Jocosus)
Kutilang / Merbah Suti / Sooty-Headed Bulbul (Pycnonotus Aurigaster)
Cucak Rumbai Tungging / Puff-Backed Bulbul (Pycnonotus Eutilotus)
Cucak Wilis / Orange-Spotted Bulbul (Pycnonotus Bimatulatus)Merbah Gunung / Flavescent Bulbul (Pycnonotus Flavescens)

4. Burung Jalak
jalakBurung jalak memang sangat familiar akan namanya, mungkin dari jajaran burung termahal di Indonesia, burung Jalak adalah yang paling populer. Ukuran tubuh berkisar antara 25-30 cm, memiliki paruh yang kuat dan postur tubuh yang gagah. Burung Jalak terancam punah dan termasuk jenis hewan yang dilindungi.
burung termahal

Beberapa jenis burung Jalak yang paling dicari:
Jalak Suren
Jalak Bali
Jalak Kebo/Nias
Jalak Putih
Jalak Thailand / Jalak Hongkong

5. Burung Kacer
Tubuhnya yang mungil tidak membuat burung Kacer dihargai dengan harga yang mungil pula, sebaliknya, burung Kacer pun memiliki daya saing. Pasalnya burung ini memiliki suara kicauan yang keras dan menawan. Tak heran jika burung Kacer menepati deretan jenis burung termahal di Indonesia. Inilah beberapa jenis burung kacer yang perlu anda ketahui:

kacerKacer Madagaskar
Burung Kacer Madagaskar berasal dari Madagaskar, bentuk dan warna bulunya hampir sama dengan Kacer Sumatera. Akan tetapi Kacer Madagaskar memiliki warna kebiru-biruan.
Kacer Jawa
Kacer Jawa adalah kacer lokal dimana warnanya hitam polos dan pintar menirukan suara burung lain yang ada disekitarnya.
Kacer Kalimantan
Burung Kacer jenis ini banyak ditemukan di Kalimantan Selatan
Kacer Tasik
Burung Kacer Tasik kurang diminati oleh para breeder karena Kacer jenis ini terkenal sifatnya yang cepat stres.
Kacer Sumatera

Itulah 5 burung termahal di Indonesia 2014 beserta jenis-jenisnya, semoga menambah wawasan anda.

x

Check Also

5 Pantai Terindah di Lombok, Cantiknya Bikin Jatuh Cinta!

Pulau Lombok punya ratusan pantai yang semuanya indah dan memiliki kelebihan masing-masing. Namun di antara ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com