Home / Info / Hindari Narkoba Dengan Membaca

Hindari Narkoba Dengan Membaca

HINDARI NARKOBA DENGAN MEMBACA

Oleh : Drs. SUGIYONO, M.M.
KEPALA SMAN 3 UNGGULAN KAYUAGUNG

 

Drs SUGIYONO MM         Narkoba, siapa yang tidak kenal dengan barang haram ini ? narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya. Narkoba yang akan membuat penggunanya menjadi kecanduan, dan kehilangan akal sehat. Ada banyak dampak buruk dari narkoba, salah satunya bisa menimbulkan karakter penerus bangsa yang tidak bermartabat. Narkoba juga berdampak buruk bagi masa depan, hingga hilangnya jati diri dari pengguna narkoba, ratusan penerus bangsa mati sia-sia karena barang haram ini. Pengguna narkoba tentu akan membuat malu keluarga, sebenarnya banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjauhkan diri dari pengaruh narkoba tersebu.

            Pertama, narkoba akan merusak bagian terpenting dari tubuh kita yaitu sistem saraf pusat (otak), pemakai narkoba juga identik dengan seseorang yang nakal atau kurangnya kasih sayang dari orang tua. Seseorang yang mengalami hal tersebut sangat mudah terjerumus oleh bahaya narkoba. Salah satu penyebab seseorang memakai narkoba bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, pergaulan bebas adalah salah satunya, norma-norma agama sangat menentang pergaulan bebas apalagi sampai terjerumus dalam bahaya narkoba. Narkoba hanya memberikan kenikmatan yang sesaat pada tahapan selanjutya penderitaanlah yang kita rasakan. Oleh karena itu jangan pernah menggunakan narkoba, jika sekali kita menggunakan narkoba maka selanjutnya kita tidak akan terbebas dari jerat narkoba, narkoba sangat berbahaya bukan?

            Narkoba bermula dari coba-coba, lalu mulai ketagihan, atau jika seseorang sedang mengalami stress, ataupun mempunyai masalah yang sangat besar mungkin orang tersebut akan beralih menggunakan narkoba. Sebenarnya masalah bukan hanya dapat diselesaikan dengan narkoba. Narkoba hanya akan merusak penggunanya. Awalnya mereka akan merasa diterbangkan keawan lalu mereka dijatuhkan kedasar jurang, sakit bukan ? itulah narkoba.

            Banyak kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjauhkan diri dari narkoba salah satunya dengan membaca, dengan membaca kita juga akan mendapatkan ilmu. Dalam dunia pelajar, membaca menjadi sangat penting dan pokok untuk ditekuni. Membaca mungkin adalah hal sederhana tapi manfaatnya terasa sangat menguntungkan. Namun seiring berjalannya waktu, membaca menjadi budaya yang langka untuk dijumpai perlahan tapi pasti, masyarakat menyukai hal-hal yang bersifat praktis dan tidak mau dibuat sibuk untuk menghabiskan waktunya. Padahal membaca menjadi hal yang sangat penting untuk dapat mendapatkan lebih banyak pengetahuan. Mungkin alasan itu terlalu klise, tapi memang seperti itu dasarnya. Sudah menjadi rahasia umum jika membaca dapat menambah wawasan bagi para pembaca.

            Pada dasarnya membaca adalah kegiatan yang menguntungkan dan menyenangkan membaca juga membantu kita mengetahui bahaya dari narkoba, kalau sudah mengetahui bahayanya mungkin kita akan berfikir ulang untuk menggunakan narkoba. Sebenarnya poin terpenting adalah kesadaran seseorang akan pentingnya membaca. Yang jadi masalah adalah kesadaran itu seakan terabaikan, seakan-akan membaca tidak ada gunanya. Jika mereka suka bermain social media sebenarnya, social media dapat digunakan dengan tepat untuk mencari berbagai macam informasi mengenai bahaya narkoba. Manfaat membaca juga sangat banyak, tentu kita akan merugi kelak jika dari sekarang malas membaca dan hanya berhura-hura, manfaatkan lah masa muda dengan sebaik-baiknya jangan menyesal kemudian hari.

            Dengan kesadaran yang jelas, membaca tentu dapat menghindarkan kita dari narkoba. Tidak heran membaca sangatlah penting, akhirnya membaca juga akan memperluas pengetahuan kita, Jadi jangan gunakan narkoba kalau anda tahu bahayanya ? membacalah, maka kau akan tahu segalanya.

(Referensi: http://kacamatacupu.blogspot.co.id/2013/10/esai-pentingnya-membaca-dan-menulis-di-html)

x

Check Also

‘Sang Bomber’ Penyelamat Jejawi OKI, Serma Abdul Muis

Sungguh dari daerah-daerah se nusantara ini banyak pahlawan yang terlupakan oleh generasi muda saat ini ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com