Home / Info / Cara Alami Melawan Sakit Perut

Cara Alami Melawan Sakit Perut

sakit perutSakit perut memang salah satu penyakit ringan yang sering kita alami. Bagaimana tidak? Kita terkadang melakukan berbagai tindakan yang menurut kita biasa saja, namun ternyata memiliki efek yang tidak baik untuk organ tubuh kita, seperti perut.

Sakit perut sendiri memiliki banyak penyebab seperti mabuk, diet pada makanan olahan, alergi makanan (biasanya gluten atau laktosa), atau bahkan stres. Apapun penyebabnya, memeriksakan ke dokter adalah pilihan yang bijak, karena terkadang ada beberapa penyebab sakit perut yang merupakan gejala dari penyakit lainnya yang tidak bisa kita prediksi.

 jika saat terserang sakit perut, ternyata OBMM sedang berada dalam situasi yang sulit untuk menghubungi dokter, OBMM bisa menggunakan 9 cara alami ini untuk mengatasinya.

1. Jahe

Tanaman umbi yang satu ini memang punya sejuta manfaat. Salah satunya adalah mengatasi mual, gangguan pencernaan dan membantu mengurangi gas dalam perut. Tidak heran kan mengapa disekitar kendaraan umum, terminal atau bahkan stasiun banyak penjual yang menyediakan olahan jahe, terutama dalam bentuk permen.

Selain dalam bentuk olahan tersebut, kamu bisa mengolahnya menjadi minuman hangat dengan menyeduh beberapa irisan jahe dengan air hangat. Cara ini akan membantu meredakan sakit perut yang melandamu.

2. Mint

Daun mint dan olahannya dapat membantu kamu meredakan gangguan pencernaan, dan meredakan asam lambung dengan meredakan otot-otot lambung yang menegang. Cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan menyeduh sekitar 2 sendok teh daun mint dengan air mendidih. Diamkan selama 5-10 menit sebelum kamu mengkonsumsinya.

3. Probiotics

Prebiotics adalah jenis bakteri baik terutama untuk perut. Mengonsumsi makanan yang kaya akan probiotic seperti yogurt, kimchi dan kefir akan sangat bermanfaat untuk kesehatan perut dan ususmu. Prebiotics adalah zat yang membantu mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam perut, seperti probiotik. Prebiotik dapat kamu temukan dalam beberapa jenis makanan di sekitarmu seperti bawang putih, asparagus dan bawang merah.

4. Chamomile

Tanaman yang satu ini cukup terkenal dalam dunia kesehatan. Chamomile juga memiliki manfaat yang besar untuk perut akrena bersifat anti-inflamasi yang bekerja untuk meredakan mulas dan mengurangi gas.

5. Jus lidah buaya

Lidah buaya sering digunakan sebagai bahan produk kecantikan seperti shampo, body lotion karena kelembapannya yang tinggi. Namun, lidah buaya juga bisa dikonsumsi, lo!Kamu bisa mengolahnya menjadi jus lidah buaya yang telah dibersihkan kulitnya.

Kamu juga bisa menemukan jus lidah buaya kemasan yang tersedia di toko. Lidah buaya memeiliki sifat anti-inflamasi seperti Chamomile yang membantu memperbaiki radang perut.

6. Pepaya

Buah favorit yang disukai oleh ususmu. Manfaat buah tropis yang satu ini untuk kesehatan perut memang tidak diragukan lagi. Pepaya memiliki manfaat untuk pencernaan, meredakan sakit perut serta membantu mencegah gas berlebihan dalam tubuh.

Selain memperhatikan jenis tanaman alami yang membantu untuk mengurangi sakit perut, OBMM juga harus menghindari beberapa makanan yang mengundang sakit perut untuk datang. Sebisa mungkin cobalah untuk menghindari minuman berkarbonasi, daging olahan serta makan secara berlebihan.

Sumber : Merdeka.com

x

Check Also

5 Pantai Terindah di Lombok, Cantiknya Bikin Jatuh Cinta!

Pulau Lombok punya ratusan pantai yang semuanya indah dan memiliki kelebihan masing-masing. Namun di antara ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com