Home / News / Bupati OKI Saksikan Midang Morge Siwe Tahun 2016

Bupati OKI Saksikan Midang Morge Siwe Tahun 2016

midang morge siwe 2016 - 1 Selain memiliki banyak tempat wisata, Kabupaten OKI juga memiliki beragam wisata budaya, salah satunya midang. Midang merupakan kegiatan arak-arakan atau lebih mirip karnaval, yang setiap tahun mejadi jadwal rutin, setiap idul fitri akan dilaksankan midang. Midang tahun 2016 ini dilaksanakan selama 2 hari yaini Jumat dan Sabtu (8-9/07/16) atau lebaran ke 3 idul fitri dan lebaran ke 4 idul fitri.

Dengan tema “Melalui midang morge siwe, kita jadikan Kabupaten Ogan Komering Ilir sebagai daerah kunjungan wisata nusantara dan mancanegara”. Midang pada hari jumat diikuti 6 kelurahan yaitu Tanjung Rancing, Kayuagung Asli, Jua jua, Cintaraja, Sukadana dan Perigi. Dan untuk midang hari sabtu kelurahan Paku, Kutaraya, Sidakersa, Mangunjaya dan Kedaton.  Jenis midang dengan menggunakan pakaian adat Midang Pakaian Adat Bebuke dan Midang Bujang Gadis Midang Begorok.

midang morge siwe 2016 - 2Pawai midang ini disaksikan oleh Bupati OKI Iskandar SE didampingi oleh Ketua TP PKK OKI Lindasari Iskandar, serta FKPD, SKPD, Tokoh Budaya dan masyarakat.

Camat Kota Kayuagung Dedy Kurniawan SSTP menyampaikan midang tahun ini tetap dilaksanakan pada lebaran ketiga dan hari keempat, namun ada perbedaan tahun ini ada dua jenis pakaian yg akan digunakan oleh kelurahan dan ini sudah ditentukan oleh lembaga adat beberapa waktu yg lalu. “Ada pakaian adat ada pakaian nasional, contohnya kelurahan kedaton akan menggunakan pakaian nasional, maksud dari pembedaan ini agar pelaksanaan midang kali ini lebih meriah dan ada perbedaan namun tentu saja tidak akan menghilangkan esensi dari Midang tersebut”, jelas Camat Kota Kayuagung.

midang morge siwe 2016Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan OKI, H. Amirudin, S. Sos, M. Si menjelaskan midang ini diikuti 11 kelurahan dan 11 kelurahan ini di bagi menjadi 2, 6 kelurahan di hari ke 3 idul fitri dan 5 kelurahan di hari ke 4 idul fitri.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan OKI menambahkan untuk midang tahun ini di hari pertama 3 kelurahan midang muda mudi kemudian 3 kelurahan berikutnya midang yang biasa dilakukan setiap tahun nya memakai pakaian adat, perangkat kelurahan dan sebagainya, tetapi 3 kelurahan yang muda mudi itu khusus muda mudi semua dan tetap di barisan terdepan harus ada pengantin. Dan untuk hari ke 2 atau lebaran ke 4 ada 2 kelurahan yang memakai pakaian adat seperti tahun –tahun yang kemarin dan 3 kelurahan khusus muda mudi.

Lebih lanjutkan H. Amirudin, S. Sos, M. Si mengatakan bahwa Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel sangat tertarik dengan kegiatan midang ini, karena midang ini merupakan acara budaya dan adat, sehingga rencana kedepan akan di kaloborasikan dengan kegiatan di Provinsi , seperti pagi kegiatan Provinsi dan di siang harinya kegiatan midang.

x

Check Also

Jpeg

H. Iskandar SE Buka Pekan Olahraga Kabupaten OKI Thn 2017

Diawali dengan pawai oleh para peserta dan official, Bupati Ogan Komering Ilir  H Iskandar SE ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com