Home / News / PWI OKI Dan Polres OKI Antisipasi Berita Hoax

PWI OKI Dan Polres OKI Antisipasi Berita Hoax

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 telah muncul berbagai informasi di media sosial ataupun wahana lain yang isinya menyudutkan bakal calon kepala dan wakil kepala daerah.

Guna meminimalisirnya, aparat berwenang mulai mengantisipasi Seperti yang dilakukan jajaran Polres OKI dan Polsekta Kayuagung.

Mereka melakukan Kunjungan kerja (Kunker) ke Sekretariat PWI OKI di gedung eks KONI OKI Taman Segitiga Emas Kayuagung, Selasa (21/11/2017) dan disambut Ketua PWI OKI Mat Bodok ST didampingi Sekjen PWI Lidia Thedora Sinaga dan jajaran.

Rombongan Polri ini dipimpin Kapolres OKI AKBP Ade Harianto SH MH didampingi Kapolsekta Kayuagung AKP Ferryanto SIk, Kasat Intelkam AKP Yusuf SIk, Sat Binmas Polres dan Unit Propam Iptu Budhi dan Biro Humas Iptu Ilham. Pertemuan di sekretariat ini membahas informasi di media sosial dan karya jurnalistik.

Menurut AKBP Ade, sebagai induk organisasi wartawan terbesar dan tertua di Indonesia, PWI OKI tentu menaungi seluruh wartawan yang ada di Bumi Bende Seguguk baik wartawan media cetak maupun online.

“Bila ada pemberitaan di MedSos dan media massa yang sifatnya hoax atau merugikan seseorang yang dibuat wartawan, bagaimana prosedur penyelesaiannya bila pihak yang dirugikan melapor ke penegak hukum,” tanya Kapolres.

Ketua PWI OKI Mat Bodok ST didampingi Lidya S (Sekretaris), Maniso SE (Bendahara) dan wartawan lainnya mengungkapkan, untuk kasus semacam itu ada prosedur penanganannya.

“Sesuai UU Pers Nomor 40 Tahun 1999, bila berita itu ada di media cetak, maka pihak yang dirugikan diberikan Hak Jawab untuk mengklarifikasi pemberitaan,” jelas Mat Bodok

Hak Jawab berisi tulisan yang dibuat pihak dirugikan dan wajib dimuat atau ditayangkan secepatnya di media cetak yang memberitakan. Bila pihak yang dirugikan tak puas, dipersilahkan melapor ke Dewan Pers di Jakarta.

“Sedangkan bila berita hoax ada di MedSos atau website, maka itu sudah berlaku UU ITE. Silahkan dan bisa langsung diproses oleh pihak berwajib.
Setelah itu, Ketua PWI dan Kapolres bersama jajaran wartawan berfoto bersama di depan kantor PWI.

x

Check Also

“Hidup Sehat Dimulai Dari Saya” GERMAS, langkah awal membumikan masyarakat sehat.

Dalam rangka menjalankan intruksi Presiden No 1 tahun 2017, Dinas Kesehatan Kabupaten OKI mengadakan kegiatan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com