Home / News / PT OKI Pulp Kembali Berikan Bantuan Mesin Perontok Jagung

PT OKI Pulp Kembali Berikan Bantuan Mesin Perontok Jagung

Setelah memberikan bantuan mesin pemipil atau perontok jagung sebanyak 1 unit yang diberikan ke koperasi Sri Lestari Desa Bukit Batu kecamatan Air Sugihan pada Minggu (17/9/2017) lalu. Kini PT OKI Pulp & Paper Mills yang berada di Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan kembali memberikan bantuan kepada masyarakat di sekitar perusahaan.
Kali ini, perusahaan pabrik kertas terbesar di Asia itu kembali memberikan bantuan mesin pemipil atau perontok jagung untuk kelompok tani di Desa Simpang Heran Kecamatan Air Sugihan, Kamis (12/10/2017).
Direktur PT OKI Pulp and Paper Mils, Gadang H Hartawan mengatakan, Mesin Pemipil yang dibagikan merupakan hasil rekayasa, rancang bangun dan modifikasi desain, model serta prototipe alat dan mesin pertanian terbaru. “Ini adalah bantuan kedua yang kita berikan untuk kelompok tani yang ada dilokasi perusahaan,”katanya.
Menurut Gadang, bantuan ini diberikan dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani yang ada di Kabupaten OKI, dan diharapkan Mesin Pimipil ini dapat menurunkan biaya produksi petani.
“Sehingga kami harapkan para petani kita berbasis teknologi yang mempermudah panen. Dengan ini nantinya bisa menurunkan anggaran hasil panen yang dilakukan dengan cara tradisional,” kata Gadang seraya menjelaskan, kegiatan ini didukung penuh oleh Dinas Tanaman, Ketahanan pangan dan Holtikultura OKI.
Dengan mesin ini kata Gadang setidaknya para petani jagung mampu menghemat biaya produksi Rp 8000 per goni. “Yang pertama kita bantu kemarin Alhamdulillah mereka bisa menghemat biaya Rp 8000 per Goni, sedangkan satu hektar bisa mencapai 170 goni jadi mereka bisa menghemat dana mencapai Rp1,5 juta per hektar,”kata Gadang.
Gadang menjelaskan, dengan menggunakan mesin tersebut para petani hanya membutuhkan waktu 1 sampai 2 menit untuk mengelolah 1 goni jagung yang baru di panen. “ Dengan mesin itu petani tidak perlu susah paya untuk memisahkan antara butiran dengan tongkol dan kulitnya karena langsung otomatis terpisah,”jelasnya.
Sementara itu, kepala Dinas Tanaman, Ketahanan pangan dan Holtikultura Kabupaten OKI, Syarifuddin mengatakan, pemerintah sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh PT OKI PULP dengan membantu petani jagung berupa alat perontok jagung.
Katanya, Bantuan alsin ini dapat menambah alat perontok yang ada dan sangat bermanfaat bagi petani di Kecamatan Air sugihan yang saat ini sedang mengembangkan tanaman jagung di lahan pasang surut IP 300 (padi-padi-jagung).
“Kita berharap pihak swasta yang ada di Kab. OKI dapat ikut mendampingi serta membina para petani sekitar lokasi perusahaan, paling tidak degan program bina lingkungannya,”jelasnya.
x

Check Also

“Hidup Sehat Dimulai Dari Saya” GERMAS, langkah awal membumikan masyarakat sehat.

Dalam rangka menjalankan intruksi Presiden No 1 tahun 2017, Dinas Kesehatan Kabupaten OKI mengadakan kegiatan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com