Home / News / Pers Diminta Membawa Pesan Damai

Pers Diminta Membawa Pesan Damai

Wartawan harus membawa pesan damai melalui berita yang dia tulis. Itulah pesan utama yang disampaikan oleh Ketua PWI Sumsel H Oktaf Riady saat melantik pengurus PWI Kabupaten OKI di Kayuagung.
“Asas keberimbangan sangat penting dalam sebuah berita, jangan karena ingin mendapat iklan beritanya subyektif bahkan main ancam Humas Pemda, berbuatlah terlebih dahulu bantu pemerintah dengan menyampaikan pesan-pesan yang mendamaikan dan tidak buat gaduh” Ungkap Oktaf kepada para wartawan se Kabupaten OKI di Gedung Kesenian Kayuagung, Senin, (16/10).
Oktaf juga berharap menjelang Pilkada serentak 2018 media di OKI jangan sampai dijadikan alat politik oleh oknum tertentu sehingga independensinya akan selalu terjaga.
“Para jurnalis sangat berperan menyebarkan informasi yang akurat dan berimbang, penyajian berita itu harus berimbang dan mengacu kepada UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik sehingga berita yang disajikan mendapat kepercayaan dari masyarakat,” katanya.
Sementara itu, Wakil Bupati OKI, H. M. Rifa’i, SE mengatakanpers begitu penting bagi pembangunan di kabupaten OKI.
“Peran pers sangat penting. Sebagai mitra kerja pers mensosialisasikan program pembangunan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat atas setiap kebijakan publik yang dilakukan oleh pemerintah daerah” Pungkasnya.
Posisi Pers menurut Rifa’I merupakan sosial kontrol. “Namun prinsipnya adalah keseimbangan, jangan pula selalu menerapkan istilah bad news is good news, tetapi harus pula good news is news” timbalnya.
Rifa’i juga mengajak PWI dan Organisasi wartawan lainnya untuk mendukung upaya-upaya menuju pers yang profesional. Selain menjamin profesionalitas dan perlindungan terhadap wartawan, dengan adanya verifikasi pers menurutnya masyarakat juga bisa tahu media mana yang bisa dijadikan rujukan, media mana yang bisa dipercaya dalam pemberitaan.
x

Check Also

L3 Tahun 2017, OKI Targetkan Rp 5,6 M

Sama seperti tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), menargetkan sebesar ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com