Home / News / Pemda OKI Selenggarakan Isbat Nikah 2020

Pemda OKI Selenggarakan Isbat Nikah 2020

 

 

Pemerintah kabupaten Ogan Komering Ilir membantu masyarakat yang tidak mampu, khususnya pasangan suami istri yang tidak memiliki buku nikah karena perkawinannya tidak tercatat atau tidak dicatatkan. Sehingga dalam pengurusan pembuatan akta kelahiran anak, kartu keluarga dan adminstrasi kependudukan lainnya lebih mudah. Untuk itu Pemerintah Kabupaten OKI melalui Kesra melaksanakan Isbat nikah yang dilaksanakan di Ruang Bende Suguguk 1 Pemda OKI, (Kamis, 13/2/2020).

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama lima tahap, dengan jumlah peserta isbat nikah tahun anggaran 2020 adalah sebanyak 300 pasang dari lima kecamatan, yakni kecamatan Pedamaran 60 pasang, kecamatan Teluk gelam 60 pasang, kecamatan Tanjung lubuk 60 pasang, kecamatan Lempuing 60 pasang, dan Kecamatan Lempuing Jaya 60 pasang.

Untuk hari ini peserta yang diisbat berasal dari Kecamatan Pedamaran, Peserta termuda pada isbat nikah ini berumur 25 Tahun dan yang tertua berumur 75 Tahun. Acara Isbat nikah dibuka oleh Bupati Ogan Komering Ilir H Iskandar SE yang diwakili Oleh Asisten Administrasi umum setda OKI H M Lubis Skm M Kes. Turut hadir dalam acara ini Ketua Pengadilan Agama Kayuagung, Kepala Kementrian Agama Kabupaten OKI yang diwakili H Muasni Sag M Pdi, Kepala dinas, kepala badan, kepala bagian, Kepala BUMN Kabupaten OKI, Camat, Hakim, Panitera, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan peserta Isbat nikah.

Dalam laporan nya Plt Kabag Kesra Setda OKI, Syamsudin, SH I, menyampaikan dasar pelaksanaan adalah DIPA tahun anggaran 2020 dan surat keputusan Bupati OKI tentang susunan panitia pelaksana  sidang isbat niakah, yang bertujuan untuk mempercepat pengurusan isbat nikah atau pengesahanan nikah, buku nikah dan akte kelahiran.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kayuagung yang diwakili H Muasni Sag M Pdi dalam sambutannya mengucapkapkan terima kasih kepada Bupati OKI yang telah memprogramkan adanya isbat nikah ini dengan membentuk tim terpadu untuk mewujudkan isbat nikah ini, beliau juga memberitahukan bahwa tanggal sepuluh kemarin Kantor Kementrian Agama kayuagung mendapat predikat WBK nomor dua seindonesia.

Ketua Pengadilan Agama Kayuagung, Drs. Sriwahyuni Ningsih, SH, Mhi dalam sambutannya mengatakan Adapun dasar pelaksaan Isbat nikah terpadu ini diselenggarakan atas dasar Peraturan Mahkamah Agung RI no ! Tahun 2015 tentang layanan terpadu yang menjadi program Mahkamah Agung RI dan juga menjadi Program Gubernur Sumsel H Herman Deru yang bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap layanan dibidang hukum dan membantu masyarakat yang kurang mampu dalam hal hak atas Akta perkawinan buku nikah dan Akta Kelahiran  untuk keperluan anaknya yang dilakukan secara sederhana, tepat, dan biaya Ringan. Beliau Juga menyampaikan Ucapan Terimah Kasih kepada Pemda OKI atas terselenggaranya acara Ini.

Drs. Sriwahyuni Ningsih, SH, Mhi,  menambahkan, Isbat nikah terpadu adalah serangkaian kegiatan yang merupakan pengesahan nikah seorang laki- laki dan perempuan muslim yang pernikahannya telah dilaksanakan dan telah memenuhi syarat dan rukunnya, ada calon mempelai, ada wali, ada dua orang saksi, mahar, dan ijab qobul. Tetapi belum pernah dicatatkan. Karena hal itu maka pasangan ini tidak memiliki buku nikah. Karena Buku nikah sangat penting sebagai persyaratan administrasi seperti pembuatan Kartu Keluarga, Akte Kelahiran Anak, serta persyaratan untuk melaksanakan ibadah Haji dan Umroh. Untuk Memberikan kemudahan kepada masyarakat yang mengalami hal tersebut, Pemerintah Kabupaten OKI dalam Hal ini Bupati Ogan Komering ilir H Iskandar SE memprogramkan Isbat Nikah.

Sementara itu saat membuka Isbat nikah Bupati OKI yang diwakili Administrasi Umum Setda OKI, H M. Lubis, Skm, M Kes, berharap partisipasi dan dukungan dari Kecamatan untuk lebih memperhatikan terkait kelengkapan dokumen untuk keberhasilan kegiatan ini.

Salah seorang peserta Isbat Nikah Jaya Hartono dari pedamaran mengucapkan terimah kasih dengan adanya Isbat Nikah ini, karena bisa terbantu untuk mengurus Akte Kelahiran anak.

x

Check Also

Pasien Corona di OKI Bertambah, Gugus Tugas Himbau Masyarakat Tunda Dulu Perjalanan Jauh

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten OKI mendapati satu lagi kasus positif Corona. Seorang warga ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com