Home / News / Pelatihan Kewirausahaan Karang Taruna Kuatkan Perekonomian Desa

Pelatihan Kewirausahaan Karang Taruna Kuatkan Perekonomian Desa

Pemuda Karang Taruna Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) diberdayakan melalui program pemberdayaan kelembagaan kesejahteraan sosial, dengan mengikuti pelatihan kewirausahaan karang taruna. Setiap kecamatan diambil satu anggota untuk diberi pelatihan kewirausahaan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKI, Amirudin, S.Sos mengatakan, tujuan dari kegiatan ini yakni untuk membuka wawasan pemuda karang taruna dengan menginspirasi bagaimana kedepannya agar kita dapat membuka usaha yang dapat berguna bagi masyarakat. “Karena karang taruna merupakan garda terdepan dari masyarakat,” jelasnya, Senin (07/05/2018).

Amirudin juga mengharapkan agar pelatihan kewirausahaan yang mengambil tema wujudkan karang taruna sebagai kelembagaan pemuda yang kreatif, inovatif dan produktif dalam upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan sosial ini, dapat disimak dan diikuti dengan baik agar dapat bermanfaat dan dapat dirasakan oleh masyarakat di desanya.

Sementara itu, ditambahkan oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten OKI, Maulidini mengatakan, pemberdayaan ekonomi melalui anggota karang taruna sangat penting, karena basis ekonomi kerakyatan berasal dari pedesaan yang sangat potensial seperti di Kecamatan SP Padang, Jejawi dan Pampangan yang mayoritasnya dapat dikembangkan dalam bidang pertanian, peternakan dan perikanan untuk pengadaan pakan ternak dan lain sebagainya.

“Ke depan, Karang Taruna dituntut bekerja secara profesional, diharapkan juga pelatihan kewirausahaan ini dapat membuka peluang untuk mengembangkan bumdes atau usaha mikro perorangan bagi masyarakat di desa masing-masing,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga materi diisi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) OKI, Hj Nursula. Menurutnya, kegiatan ini merupakan awal yang baik untuk membangun desa terutama untuk meningkatkan sumber daya manusianya.

“Kegiatan ini dapat membuka wawasan bagi masing-masing desa. Untuk mengembangkan potensi yang ada di desa untuk dijadikan usaha,” Ujarnya.

Sebelumnya dalam laporannya, Abunawas, M.Si Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial mengatakan, jumlah peserta pelatihan kewirausahaan karang taruna ini diikuti oleh 327 orang yang terdiri dari 6 angkatan.

“Yang pertama yakni Kecamatan Jejawi, SP Padang dan Pampangan, kemudian diteruskan ke Kecamatan Pangkalam Lampam dan Tulung Selapan. Selanjutnya, Lempuing, Lempuing Jaya, Mesuji, Mesuji Raya dan Mesuji Makmur. Kemudian di Kecamatan Air Sugihan. Selanjutnya, Pedamaran Timur, Cengal Sungai Menang dan Kecamatan Kayuagung, Tanjung Lubuk, Pedamaran, Teluk Gelam,” jelasnya.

 

x

Check Also

Toko Tani Jual Beras Rp 8.000/kg, Bantu Warga

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir menempuh berbagai cara agar harga beras bisa terjangkau dan stabil ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com