Home / News / Medsos Jadi Ancaman Pilkada Damai

Medsos Jadi Ancaman Pilkada Damai

Isu SARA dan hoax menjadi atensi khusus penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Ketua Panwaslu Kabupaten OKI, Fahrudin, SH mengatakan Dunia digital menjadi bagian integral dari proses politik dewasa ini. Di balik itu menurutnya terselip kekhawatiran tentang banyaknya fenomena berita bohong alias hoax yang sudah bermunculan jelang adanya pesta demokrasi itu.
“Medsos kini sudah mulai diisi negatif campaign atau black campaign, bahkan arahnya ke isu SARA” Ujar Fahrudin pada Rakor kesiapan Pilkada serentak tahun 2018 di kantor Bupati OKI, Senin, (20/11).
Fahrudin mengatakan, dalam meminimalisir isu SARA dalam Pemilu, Panwaslu telah berkoordinasi dengan
​KPU. Pun juga diatur dalam PKPU terkait pendidikan pemilih.
“Dalam PKPU kampanye itu juga diatur secara terperinci, terkait medsos. Bakal calon juga harus mendaftarkan tim medianya termasuk media sosial. Ini mudah terpantau. Namun akun-akun tidak jelas itu yang sulit kita rumuskan” Ungkap Fahrudin.
Hal ini dimaksud untuk mencegah terjadinya fitnah dan hoax tentang pemilu. Serta mengajak masyarakat untuk dapat lebih memilih informasi yang diterima.
Kapolres OKI, AKBP Ade Harianto, SH, MH menekankan kepada masyarakat agar tidak menebarkan berita-berita yang belum pasti kebenarannya dan tidak terprovokasi dengan berita yang berbau provokasi dan menciderai orang atau kelompok lain menjelang Pemilukada.
Selain itu, sekaligus mengingatkan kepada masyarakat pengguna sosial media agar tetap memperhatikan UU ITE dan etika para user ketika sedang menggunakan akun sosial medianya.
“Undang-undang ITE jelas, dan sangsi hukumnya cukup berat, bagi masyarakat agar berhati-hati menggunakan medsos” Ungkap Kapolres.
x

Check Also

“Hidup Sehat Dimulai Dari Saya” GERMAS, langkah awal membumikan masyarakat sehat.

Dalam rangka menjalankan intruksi Presiden No 1 tahun 2017, Dinas Kesehatan Kabupaten OKI mengadakan kegiatan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com