Home / News / Ketua TP-PKK OKI Hj. Lindasari : Ajak Masyarakat Untuk SMS

Ketua TP-PKK OKI Hj. Lindasari : Ajak Masyarakat Untuk SMS

Ketua Tim penggerak program kesejahteraan keluarga (PKK) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Hj Lindasari Iskandar mencanangkan program prioritas pada kelompok kerja (Pokja) satu hingga empat, yakni Rumah Cinta, Kampung Manisan dan Gerakan Jamban SMS (Stop membuang air besar sembarangan).

 

Hal tersebut diungkapkannya diungkapkannya pada saat melakukan kunjungan kerja di Desa Awal Terusan Kecamatan SP Padang, Selasa (14/11/2017).

 

Lebih lanjut dikatakan, Hj Lindasari Iskandar, rintisan kegiatan telah dimulai dengan pembinaan dan penguatan Desa-desa yang diunggulkan menjadi pionir atau percontohan di setiap Kecamatan. Adapun program prioritas yang sekarang kita laksanakan adalah, Pokja satu Pembentukan rumah cinta, yaitu kesatuan layanan atau rumah yang difungsikan sebagai Perpustakaan anak, tempat penitipan anak, Rumah dongeng, Taman bermain anak dan atau PAUD, juga Pusat pembinaan remaja,” jelasnya.

 

Selanjutnya, Pokja dua dan tiga ialah kegiatan kampung manisan yakni pemanfaatan pekarangan dirumah tangga setiap Desa. Paling tidak 1 (satu) Desa per Kecamatan Desa ditunjuk dan dijadikan percontohan lokasi tanam tebu atau cabe. “Pemanfaatan hasil dari penanaman tebu dan cabe diharapkan dapat dibina menambah hasil pendapatan keluarga,” jelasnya.

 

Sedangkan pada Pokja empat gerakan jamban sehat (Stop Membuang Air Besar Sembarangan). Dengan kegiatan utama kegiatan jamban sehat, memastikan setiap keluarga memanfaatkan jamban sehat. “Menggerakkan masyarakat agar mau membangun jamban (bagi yang belum mempunyai jamban) dan memotivasi masyarakat untuk penggunaan jamban sehat,” katanya sembari mengatakan gunakan inovasi berupa gotong royong pembuatan jamban atau bermitra dengan usaha pembuatan jamban (Arisan Jamban, Kredit Jamban, dan lain sebagainya).

Lindasari juga mengatakan, Kita sama berharap kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang digalakkan Bapak Bupati dapat di dukung dengan mencontohkan serta membiasakan Cuci Tangan Pakai Sabun dan juga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat,” katanya.

 

Sebelumnya dalam laporanya ketua PKK Desa Awal Terusan, Darmila mengatakan telah menjalankan 10 program PPK dengan sebagaimana mestinya, adapun diantaranya yakni membagi tugas dari Pokja satu mengelola program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila  dan Program Gotong Royong, Pokja dua mengelola Program Pendidikan dan Ketrampilan dan Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.

 

Selanjutnya pada Pokja tiga, mengelola program Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga dan Pokja empat Mengelola Program Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencnaan Sehat,” katanya.

 

Pada kesempatan itu tim penggerak PKK OKI juga memberikan bantuan, berupa bingkisan untuk lansia laki-laki dan perempuan, bantuan susu untuk TP Paru, bantuan bagi anak sekolah SD, SMP dan bantuan untuk ibu hamil.

Sementara itu Bupati OKI H. Iskandar SE dalam sambutannya menyampaikan ” Selamat kapada tim penggerak PKK yang sudah eksis, tetapi saya melihat akar tidak berubah tetap pada satu pohonnya, selamat kepada kades toko masyarakat/agama yang telah membentuk forum untuk kemajuan Kabupaten Kita, tentunya kita harus terus kuat dan bersatu “.

 

Iskandar melanjutkan ” Pemangku adat harus bisa bersama masyarakat untuk duduk bersama, bermupakat, bermusyawarah agar dapat meningkatkan kekuatan negara kita, negara kita kuat dengan bermusyawarah mupakat bersama, kepada pemangku adat harus mampu menyelesaikan masalah-masalah di daerahnya dengan bermusyawarah “.

 

Lebih lanjut Iskandar SE mengatakan ” Pastinya kita sebagai pemerintah terus menggeliatkan pembanginan-pembangunan di Kabupaten Kita, dan tentunya saya sebagai Bupati tidak bisa menyelesaikan permasalah yang ada di Kabupaten Kita sendirian, maka dari pada itu saya meminta bantuan pada seluruh kades untuk menyelesaikan permasalah-permasalahan yang ada “.

x

Check Also

L3 Tahun 2017, OKI Targetkan Rp 5,6 M

Sama seperti tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), menargetkan sebesar ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com