Home / News / Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman Kunjung OKI

Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman Kunjung OKI

mentri  pertanian dan bupati okiBupati Ogan Komering Ilir, Iskandar, SE menyatakan OKI siap mendukung program pemerintah pusat mewujudkan kedaulatan pangan nasional dan sanggup menyumbang 2000 ton padi dalam setahun. Hal ini diungkapkan Iskandar saat menjawab tantangan menteri pertanian RI Andi Amran Sulaiman saat mengunjungi pembangunan jaringan irigasi sekunder di desa terusan laut Kecamatan Sirah Pulau Padang OKI, Jum’at (12/14).
“Kami Siap” Ujar Iskandar diikuti teriak para petani yang menyambut rombongan kementan. Kesiapan Iskandar bukan hanya omong kosong mengingat telah dilaksanakannya pembangunan irigasi sekunder dan normalisasi sungai sepanjang 7000 ha di empat kecamatan di kabupaten OKI oleh balai besar wilayah air dan sungai kementerian PU sejak Januari lalu.
Kementerian Pertanian RI, menurut Mentan juga telah menganggarkan bantuan pembangunan irigasi tersier. “Januari kita akan bangun jaringan tersier meneruskan jaringan sekunder ini. Saya yakin intensitas pertanaman produksi padi mampu ditingkatkan” Ujar Mentan.
Bupati OKI mengatakan produksi padi di OKI akan mampu ditingkatkan jika jaringan sekunder dan tersier terwujud. “Rata-rata produksi kita saat ini 300 ton padi. Dua kali panen 600 ton saat ini ada empat kecamatan yang memiliki irigasi sekunder insya Allah dibantu oleh Pak Menteri nanti jaringan tersiernya. Diempat kecamatan ini saja kita mampu produksi 2.400 ton padi bahkan 1 juta ton gabah kering” ungkap Iskandar.
Dalam kesempatan ini Mentan menyerahkan bantuan 20 unit handtraktor kepada kelompok tani Mentan juga berjaji akan kembali menemui petani di Terusan Laut jika produksi padi mereka lebih dari 300 ton “Bantuan ini agar dijaga, saya akan kembali kesini jika para petani disini sudah mampu produksi padi lebih dari 300 ton” ujar Mentan.
Usai menemui warga Mentan dan Bupati OKI meninjau normalisasi sungai sepanjang 2000 ha di Desa Terusan Laut dengan mengendarai perahu getek.
x

Check Also

Pemkab OKI bersama Baznas Santuni Bocah Penyintas Tumor di Pedamaran

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) OKI menyantuni bocah penyintas ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com