Home / News / Fokus Pemarataan Pembangunan Wilayah Timur OKI

Fokus Pemarataan Pembangunan Wilayah Timur OKI

Peletakan Batu Pertama Menara Komunikasi di Desa Sungai Jeruju Kecamatan Cengal oleh Bupati OKI Iskandar, SE beberapa waktu lalu.jpgPemerataan pembangunan wilayah di Kabupaten Ogan Komering Ilir  akan menjadi perhatian penuh Bupati Ogan Komering Ilir, Iskandar, SE. Kosentrasi pembangunan dikawasan timur OKI menurutnya amat penting untuk mempercepat perkembangan pembangunan di wilayah itu.

“Kita akui pembangunan Infrastruktur wilayah menjadi tantangan yaitu, ketimpangan pembangunan wilayah Barat (Lempuing, Mesuji) dan Timur (Pantai Timur OKI). Di wilayah barat infrastruktur lebih memadai diwilayah timur. Bahkan ada wilayah yang putus aksesnya jika datang musim tertentu hingga perekonomian tersendat. Ini yang patut diperhatikan yakni konsentrasi terhadap pembangunan wilayah timur dengan tetap memperhatikan kebutuhan rutin wilayah barat” Ungkap Iskandar, Selasa (13/5/14).

Menurut Iskandar tahun 2014 ini, Ia dan jajaran belum bisa menjalankan sepenuh program pembangunan OKI yang dimulai dari Desa karena tahun ini menurutnya masih menjalankan program tahun sebelumnya.

“Kita sudah menyusun arah kebijakan Pembangunan berdasarkan RPJMD Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun lima tahun ke depan yang diterjemahkan ke dalam delapan (8) program prioritas pembangunan diantaranya bagaimana kita menguatkan desa melalui postur anggaran. Alhamdulilah program kita disambut oleh pusat melalui disahkannya Undang-undang desa sehingga semakin singkron program pemerintah daerah dengan pemerintah pusat” papar Iskandar.

Selain pemerataan pembangunan menurut Iskandar yang juga menjadi fokus pemerintahannya yakni kebijakan pemanfaatan lahan yang berpihak kepada masyarakat dan memperhatikan kelestarian lingkungan.

 “Bukannya kita anti kepada investor namun bagaimana perekonomian masyarakat dikuatkan melalui kearifan lokal masing-masing. Yang dibutuhkan masyarakat adalah lahan mereka untuk mencari penghidupan. Pertanian dan ketahanan pangan ini yang harus diperhatikan oleh pemerintah” ujarnya.

Selanjutnya pembangunan yang berkeadilan lingkungan juga amat penting menurut Iskandar

“Pembangunan yang ramah dengan lingkungan sekitar. Memanfaatkan seoptimal mungkin untuk kemaslahatan masyarakat hingga ke akar rumput namun dengan tetap memperhatikan hak-hak alam” pungkasnya.

8 program prioritas pembangunan OKI 2014-2019

1.  Pembangunan infrastrukrur pedesaan

2.  Reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan

3.  Peningkatan pelayanan pendidikan

4.  Peningkatan Pelayanan kesehatan

5.  Penanggulangan kemiskinan dan pengangguran

6.  Ketahanan pangan

7.  Pengendalian pemanfaatan lahan

8.  Kerukunan umat beragama

Adi setia negara

x

Check Also

Bupati OKI Ingin BUMDes Jadi Penggerak Ekonomi Desa

Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE ingin  perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa meningkat dengan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com