Home / News / Dinkes OKI Targetkan 95% Anak Bebas Penyakit Campak & Rubella

Dinkes OKI Targetkan 95% Anak Bebas Penyakit Campak & Rubella

 

Pembangunan Kesehatan menempati prioritas yang tinggi, sehingga menjadi agenda utama kita, baik pada tingkat pusat maupun pada tingkat daerah. Dalam rencana pembangunan jangka panjang (2005-2024) ditetapkan bahwa pembangunan kesehatan menuju ke arah pengembangan upaya kesehatan, dari upaya kesehatan yang bersifat kuratif bergerak ke arah upaya kesehatan preventif dan promotif, sesuai kebutuhan dan tantangan kesehatan.

Hak anak untuk hidup sehat, salah satunya akan terpenuhi dengan mendapatkan imunisasi dasar yang lengkap sejak anak tersebut lahir sampai dengan usia sebelum satu tahun. Memberikan imunisasi dasar lengkap yang berkualitas pada anak-anak di Kabupaten OKI berarti kita mempersiapkan generasi sehat dan cerdas, yang akan menunjang capaian Index Pembangunan Kesehatan Masyarakat OKI yang tinggi, dimana salah satu indikatornya adalah cakupan imunisasi dasar lengkap.

Pemerintah saat ini menyelenggarakan program imunisasi sebagai upaya preventif/ pencegahan terhadap penyakit menular tertentu. Prinsip terselenggaranya program imunisasi yang berkualitas adalah keterpaduan lintas sektor, bahkan seluruh komponen masyarakat. Kabupaten Ogan Komering Ilir pada tahun 2018, akan melaksanakan event akbar yaitu Kampanye Pemberian Imunisasi Measless Rubella (MR) pada bulan Agustus dan September secara serentak di 18 Kecamatan se Kab.OKI. Kegiatan ini juga dilaksanakan serentak di 17 Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Selatan dan 28 Provinsi se-Indonesia, sedangkan 6 Provinsi di Pulau Jawa telah sukses melaksanakannya tahun 2017.

Pada Hari 25 Juli 2018 Dinas Kesehatan Kabupaten OKI mengadakan acara Advokasi, Sosialisasi dan Koordinasi Lintas Sektor Dalam Rangka Kampanye Imunisasi MR di Ruang Bende Seguguk 1. Acara dibuka oleh Bupati OKI yang diwakili H. Antonius Leonardo Asisten Pemerintahan dan Kesra dan dihadiri , Kepala Dinas Kesehatan OKI H. M. Lubis SKM M.Kes, Narasumber Zenab Fitria SKM M.Kes, Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, dan Unsur Muspida yang ada di Kabupaten OKI.

Adapun tujuan dari diadakan acara Advokasi, Sosialisasi dan Koordinasi Lintas Sektor Dalam Rangka Kampanye Imunisasi MR adalah :

Mensosialisasikan kepada seluruh lintas sektor terkait dan menggalang komitmen, dukungan yang kongkrit, serta partisipasi aktif dari pimpinan daerah, pimpinan DPRD dan para pembuat keputusan dari seluruh lintas sektor.

Peserta mengetahui tentang penyakit Campak dan Rubella

Peserta mengetahui tujuan dilaksanakannya Kampanye Imunisasi MR

Peserta mengetahui waktu dan tempat pelaksanaan Kampanye MR.

 

 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten OKI, H M Lubis SKm MKes mengungkapkan, untuk mencegah wabah penyakit ini di Kabupaten OKI memang dibutuhkan dukungan lintas sektoral dalam rangka kampanye imunisasi measles rubella. “Imunisasi merupakan interaksi kesehatan masa depan untuk mencegah penyakit,” katanya pada sosialisasi advokasi dan koordinasi kesiapan kampanye imuniasi measles rubella 2018, Rabu (25/7).

Imunisasi, menurut Lubis, merupakan upaya pencegahan yang lebih murah jika dibandingkan setelah terjangkit. “Campak dan rubella penyakit yang mudah menular dengan gejala demam tinggi, bercak kemerahan di kulit disertai batuk. Ini akan sangat berbahaya jika disertai komplikasi yang dapat menyebabkan kematian,” jelasnya.

Dengan imunisasi, wabah dari virus campak dan rubella ini dapat dicegah sejak dini, ditambah sosialisasi dari berbagai lini untuk mencegah wabah ini juga dapat mencegah penyebaran. Jika kesadaran rendah, hal ini bisa menjadi wabah tapi jika telah diimunisasi akan lebih kebal.

“Ini adalah komitmen kita, komitmen Pemkab OKI untuk mencegah dari wabah virus campak dan rubella,” tegasnya.

Untuk sasaran, lanjutnya, yang menjadi target adalah anak-anak sejak usia sembilan bulan hingga usia 15 tahun, dengan target di atas 95 persen. “Dengan total jumlah sasaran sebanyak 226.694 anak. Yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus dan September mendatang,” jelasnya.

“Semua anak akan diberikan vaksinasi, tanpa terkecuali. Meskipun sebelumnya dia telah mendapatkan vaksin,” tegasnya.

Untuk suksesnya penyelenggaraan kampanye imunisasi MR di Kabupaten OKI maka semua wajib menjadi motor penggerak sesuai tupoksi masing-masing. Kunci dan suksesnya kegiatan akbar ini adalah koordinasi, keterpaduan dimulai dari :

Mempersiapkan data sasaran yang valid,

Mengedukasi masyarakat untuk paham hak-nya memperoleh imunisasi MR,

Penggerakan sasaran ke pos pelaksanaan yang telah ditentukan,

Penyelenggaraan imunisasi yang berkualitas,

Pemantauan atas capaian cakupan lebih dari 95% di setiap lokasi atau pos pelaksanaan (laporan harian berjenjang),

Menggaungkan pelaksanaan kampanye imunisasi MR secara terus menerus melalui tiap kegiatan resmi ataupun tidak resmi.

Pada acara tersebut, telah dilakukan penandatangan kesepatan dukungan bersama untuk kegiatan kampanye imunisasi MR.

 

 

Sementara itu, Bupari OKI, H Iskandar SE melalui Asisten Ini Sekretariat Daerah (Setda) OKI, H Antonius Leonardo MSi mengungkapkan, kesehatan merupakan sektor yang sangat mendukung untuk sektor lain. Pasalnya, kesehatan ini dapat mempengaruhi sektor lain, salah satunya prestasi.

“Faktor kesehatan ini jg dapat mempengaruhi prestasi, salah satu contoh, saat ini kesehatan menjadi salah satu faktor penentu pendidikan anak. Untuk ikut Akpol, Akmil dan beberapa bidang lainnya anak-anak kerap gugur dalam tes kesehatan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dirinya meminta agar berbagai pihak dapat berpartisipasi sehingga tidak ada satupun anak yang tidak menerima imunisasi. “Kalau anak-anak baik, sehat, negara juga akan baik,” ujarnya.

“Wilayah OKI ini sangatlah luas, sehingga dibutuhkan partisipasi dari lintas sektoral ini. Selain itu, semuanya harus fokus agar tujuan mencegah measles dan rubella ini dapat tercapai dan terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

KESIMPULAN DARI PERTEMUAN LINTAS SEKTOR DALAM SOSIALISASI ADVOKASI DAN KOORDINASI PERSIAPAN KAMPANYE IMUNISASI MEASLES RUBELLA 2018

Bersama ini kami sampaikan bahwa dari hasil diskusi pada pertemuan hari ini, Rabu 25 Juli 2018 yang dihadlri oleh lintas sektor terkait yaitu Bappeda, Diknas. Kanwil Kemenag,. TP PKK Kab, Dinsos, Diskominfo, DPPKB. Direktur RSUD. Darma wanita persatuan, Camat Kota Kayuagung, Kepala Sekolah SD. SMP. MI. MTS, Kepala TK/PAUD. Pimpinan Puskesmas di Kab. Ogan Komedng llir.

Dari pertemuan tadi dihasilkan kesimpulan dari beberapa kesepakatan dalam hal kerjasama / koordinasl dan dukungan seluruh sektor terkait dalam hal mensukseskan kegiatan kampanye Imunisasi Measles Rubella di seluruh desa di Kab. Ogan Komering Illr. Yaitu :

  1. Membangun komitmen di setiap tingkatan admimstrasi untuk melakukan penguatan program imunisasl dalam rangka mengupayakan seluruh anak mendapatkan imunisasi Measles Rubella sesuai dengan ketentuan di seluruh wilayah Kab. Ogan Komenng Ilir.

2 Membangun dukungan seluruh sektor baik di Tingkat Kabupaten atau TIngkat Kecamatan dalam hal peran dan tanggung jawabnya dalam mensukseskan kegiatan kampanye lmunisasn Measles Rubella.

  1. Pelaksanaan Kampanye lmunisasi Campak Rubella di Kabupaten Ogan Komering Ilir pada usia 9 bulan sampai kurang dari 15 Tahun, dengan target yang harus dicapai >95% dari total jumlah sasaran sebanyak 226.694 anak. Yang terdiri dari usia 9 bulan sampai <7 tahun sehanyak 82 614. Anak yang di TK I PAUD berjumlah 8.103 yang imunisasinya dilaksanakan di posyandu pada bulan September sedangkan dengan jumlah sasaran murid SD sebanyak 103.433 siswa dan siswi SMP sebanyak 33.231 siswa.
  2. Jumlah posyandu sebanyak 808 pos dengan jumlah tenaga vaksinator sebanyak 33.231 petugas. jumlah supervisor 202 petugas. Sedangkan jumlah kader sabanyak 1.616 kader dengan ketantuan 1 pos dibantu 2 kader. Untuk Pos pelayanan dibantu oIeh Klinik Kodlm 0402 Kayuagung dan Klinik Polres OKI.
  3. Anak usia 7 Tahun sampai 15 Tahun dilaksanakan pada bulan Agustus di IekoIah masing-masing.
  4. Anak usia 9 bulan umpai usia < 7 Tahun termasuk anak TK / PAUD dilaksanakan pada bulan september di pos imunisasi di desa masing-masing
  5. lmunisasi Measles Rubella diberikan tanpa melihat status imunlsasi maupun riwayat penyakit campak dan rubella sebelumnya.
  6. Puskesmas membuat Microplanning mulai data sasaran per desa , per kelompok umur dan seluruh sekolah beserta guru / Kader yang membantu kegiatan imunisasi tersebut, membuat jadwal pelaksanaan.
  7. Jadwal kegiatm tersebut didistribusikan baik ke sekolah maupun ke desa.
  8. Puskesmas besama-sama pihak sekolah dan membuat daftar sasaran berdasarkan data per sekolah dan per desa.

11.Pihak sekolah membuat daftar nama anak yang tidak hadir. Nama orang tua dan alamat karena: sakit. Bepergian, menolak Imunisasi, bagi anak yang saklt atau berpergian. Bila yang hdak hadir < 10 maka anak tersebut dianjurkan datang ke Puskesmas / Posyandu. Pihak sekolah memberikan surat kepada orangtua murid. dengan pesan: bila sudah sehat atau kembali ke rumah. anak dlbawa ke Puskesmas. Bila yang tidak hadir tersebut z 10 maka Puakesmas menjadwalkan kunjungan ulang ke sekolah tersebut dalam bulan Agustus.

  1. Kader membuat daftar nama anak yang tidak hadir, nama orangtua dan alamat karena alasan : saklt. bepergian atau menolak lmunisasi.

13 Bagi sasaran yang sakit atau bepergian dianjurkan datang ke Puskesmas/Posyandu bila sudah sehat atau kemball ke rumah. atau anak dibawa ke Puskesmas.

14 Bagi sasaran yang tidak datang ke Pos Pelayanan tanpa keterangan dilakukan pemanggilan / kunjungan pada hari yg sama.

15.0rangtua yang menolak anaknya diimunisasl dilaporkan ke Puckesmas untuk dilakukan pendekatan lagi. Anak yang menolak diimumsasl dilaporkan ke Puskesmas untuk dilakukan pendekatan Iagi bersama pihak berpengaruh

16.Puskesmas melakukan pelaporan rutin satiap melalui SMS Rapid Pro lmunisasl Measles Rubella.

KESIMPULAN :

Dukungan dan peran Lintas Sektor sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan kampanye Imunisasi Measles Rubella di Kab. Ogan Komering Ilir.

 “MARI SUKSESKAN KAMPANYE IMUNISASI MR KABUPATEN OKI TAHUN 2018”

x

Check Also

Doa dan Donasi Warga OKI untuk Korban Gempa Sulteng

  Pemerintah Kabupaten OKI bersama jajaran Kodim 0402 OKI/OI menggelar dzikir dan doa bersama serta ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com