Home / News / BNNK OKI Gelar Bimtek P4GN dilingkungan Pendidikan

BNNK OKI Gelar Bimtek P4GN dilingkungan Pendidikan

Peredaran gelap Narkotika masih menjadi masalah yang harus diselesaikan, untuk itu perlu dukungan berbagai pihak untuk mengatasi Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika agar para generasi penerus bangsa dapat terhindar dan tumbuh menjadi generasi yang berkualitas. Untuk itu BNNK OKI Menggandeng para tenaga pendidik Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten OKI untuk mengikuti Bimbingan Tekhnis Penggiat P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) dilingkungan Pendidikan. Dengan tujuan agar para penggiat ini menjadi perpanjangan tangan dari BNNK OKI dalam mencegah peredaran Gelap Narkotika khususnya dilingkungan pendidikan.

Bimtek P4GN ini dilaksanakan selama dua hari yakni 23 dan 24 Mei 2023 yang bertempat di Rumah Makan Hikmah Dua Lintas Timur Kayuagung. Acara Bimtek ini dibuka Langsung Oleh Kepala BNNK OKI AKBP H. Gendi Marzanto, SH., MH.,

Pemateri Bimtek P4GN ini antara Lain H. Tarmudik, S.Pd. M.Si,  Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten OKI , Wakil Rektor UNISKI DR.Hj.Azizah, SH., M.Hum, Sub. P2M BNNK OKI Ibu Masrohaya L.Gaol, SKM,M.Kes., dan Penyuluh Narkoba Ahli Pertama BNNK OKI Bapak Muhammad Al-Ridho, S.Psi, serta diikuti 20 Peserta Guru dari Utusan Sekolah Tingkat SD dan SMP di Kabupaten OKI.

Saat Membuka Bimtek Kepala BNNK Kabupaten OKI  AKBP H. Gendi Marzanto, SH., MH. Mengatakan “ Kami dari BNNK OKI ini tentunya tidak akan mampu menangani permasalahan Penyalahgunaan Narkotika, untuk itu kami mohon bantuan Dinas pendidikan dan sekolah-sekolah menjadi perpanjangan tangan kami dalam penanganan penyalah gunaan Narkotika ini”.

Gendi Menambahkan Lingkungan pendidikan merupakan pencetak manusia-manusia yang kedepannya akan menjadi pemimpin dan meneruskan pembangunan bangsa. “Dengan Mengucapkan Bismillah Bimtek ini saya nyatakan dibuka”. Ujarnya

Gendi Marzanto berharap “ Dengan adanya Bimtek ini Para penggiat ini bisa menjadi perpanjangan tangan dari BNNK OKI dalam hal pencegahan P4GN dilingkungan pendidikan, nantinya mereka bisa membuat program-program disekolah mereka masing-masing dalam melakukan pencegahan penyalah gunaan Narkotika”.

Dalam Paparannya Tarmudik, S.Pd. M.Si,  Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten OKI Menyampaikan materi tentang Pendidikan karakter bagi siswa, sekolah sehat, dan sekolah ramah anak. “Jadi dengan kegiatan-kegiatan seperti ini mampu mencegah anak-anak untuk Terhindar dari penyalahgunaan Narkotika”.

Tarmudik juga menyampaikan harapannya agar para orang tua menyadari bahwa narkoba ini bahaya bagi perkembangan anak, baik perkembangan fisik maupun mental. “Untuk itu jauhi Narkoba untuk Masa depan yang lebih baik” Imbuhnya.

Wakil Rektor UNISKI DR.Hj.Azizah, SH., M.Hum Memberikan materi tentang Aspek Hukum didalam P4GN.

Saat diwawancara usai memberikan materi Hj.Azizah Menyampaikan harapannya agar khususnya para pelajar dilingkungan kabupaten OKI dapat terhindar dari P4GN. “untuk memberantas P4GN bukan hanya dari guru saja tapi butuh dukungan para orang tua pelajar itu sendiri, karena anak-anak ini banyak waktunya dirumah bersama keluarga.”

Penyuluh Narkoba Ahli Pertama BNNK OKI Bapak Muhammad Al-Ridho, S.Psi Memberikan materi dan pemahaman bebrapa jenis Narkoba dan beberapa ciri fisik orang yang menggunakan Narkotika, materi ini nantinya bisa menjadi pengetahuan peserta selaku penggiat P4GN

Salah satu peserta Bimtek P4GN Wahyudi, S.si Perwakilan dari SMPN 6 Kayuagung mengatakan Dengan adanya Bimtek ini dirinya mengetahui bahwa Kayuagung ini bisa dikatakan darurat Narkoba. Lalu harus ada kolaborasi tiga elemen dalam pencegahan Penyalahgunaan Narkoba ini yaitu Pemerintah, orang tua, dan masyarakat atau lingkungan sekitar “Pemerintah melalui sekolah atau guru harus berperan melakukan pencegahan, begitu juga dengan elemen lainnya juga harus ikut berperan.”

Wahyudi menambahkan usai Bimtek ini dirinya akan segera berkoordinasi dengan pihak sekolahnya untuk melakukan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba.

Untuk materi Bimtek P4GN dihari Kedua Menurut Ibu Masrohaya L.Gaol, SKM,M.Kes. antara lain tentang pengembangan karakter dan public speaking. “Temanya sama, judulnya juga sama namun yang memberikan materi berbeda, ada public speaking dan pengembangan karakter dan juga dibantu pemateri BNNK OKI sendiri.”

Bimtek P4GN dihari pertama berjalan lancar dan peserta Bimtekpun sangat Bersemangat mengikuti Bimtek ini, Bahkan mereka juga tidak canggung untuk menanyakan hal-hal yang belum mereka pahami.

 

 

x

Check Also

Karateka Gajah Sora Polres OKI Raih Medali Perunggu O2SN

Karateka Gajah Sora Polres OKI dari SMAN 1 Kayuagung kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com