Home / News / Berempati pada Korban Gempa dan Tsunami, Siswa SD di OKI Galang Donasi

Berempati pada Korban Gempa dan Tsunami, Siswa SD di OKI Galang Donasi

 

Siswa sekolah dasar (SD) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), mencurahkan rasa empatinya bagi korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala terus mengalir.

Seperti yang dilakukan Fatiah, siswi SD N 16 Kayuagung, Selasa (09/10). Bersama rekan sekolahnya menggugah rasa kemanusiaan warga setempat agar berdonasi, bertujuan meringakan beban saudaranya (korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala) yang saat ini membutuhkan bantuan.

Dengan membawa kardus yang bertuliskan “Peduli Gempa dan Tsunami Palu”, ia menghampiri para dermawan yang ikut berempati atas kepedulian yang dilakukan bagi siswa SD tersebut. Tampak turut mendampingi gurunya.

Menurut Fatiah, aksi kemanusiaan ini mereka lakukan sebagai bentuk solidaritas untuk para korban bencana. “Iya kak kami turut mengumpulkan donasi untuk membantu para korban gempa dan tsunami,” tuturnya saat dibincangi wartawan di sela kegiatannya.

Sambil malu-malu, Fatiah berharap agar apa yang mereka kumpulkan ini bisa sampai dan dapat bermanfaat untuk para korban.

Sementara itu, tokoh pemuda Kabupaten OKI, Nurmuin mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh para siswa SD ini. Menurutnya, ini mengajarkan anak-anak untuk lebih berjiwa sosial.

“Ketika yang mengumpulkan donasi itu orang-orang dewasa, atau mahasiswa ini merupakan suatu hal lumrah. Tapi ini dilakukan oleh anak SD yang umurnya masih sangat muda,” ujarnya.

Masih kata anggota KNPI OKI, inu bahwa hal positif seperti ini perlu ditumbuhkembangkan pada anak sejak usia dini agar memiliki kepekaan dan empati terhadap orang lain yang sedang ditimpa musibah.

“Hal-hal seperti ini merupakan salah satu mendidik, di samping pendidikan moral serta ahlak yang baik,” tandasnya.

x

Check Also

Doa dan Donasi Warga OKI untuk Korban Gempa Sulteng

  Pemerintah Kabupaten OKI bersama jajaran Kodim 0402 OKI/OI menggelar dzikir dan doa bersama serta ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com