Home / News / Kadis di Sumsel Dampingi Mendag Pantau Harga Barang Kebutuhan Pokok

Kadis di Sumsel Dampingi Mendag Pantau Harga Barang Kebutuhan Pokok

Palembang-20140614-00097Sebanyak tujuh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), yang berada di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Mendampingi langsung Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Luthfi, saat memantau harga barang kebutuhan pokok jelang bulan puasa di beberapa pasar yang berada di Kota Palembang, Sabtu (14/6/2014).

Adapun kepala dinas yang mendampingi Menteri Perdagangan Republik Indinesia, saat memantau langsung harga barang kebutuhan pokok yang dijual para pedagang di Pasar KM 5 Jalan Kol H Burlian dan Pasar Cinde di Jalan Jendral Sudirman Palembang yakni, Kepala Disperindag Provinsi Sumsel, Kota Palembang, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Muaraenim, Musi Rawas, Banyuasin dan Lubuk Linggau.

“Dari hasil pantauan kita dibeberapa pasar yang ada di Kota Palembang, harga kebutuhan pokok yang dijual para pedagang masih dalam tahap wajar menjelang bulan Ramadhan pada akhir Juni mendatang. Kecuali, barang tertentu seperti daging ayam yang mencapai Rp32 ribu,” kata Lutfi kepada wartawan.

Lanjutnya, mengenai kenaikan harga batas wajar kenaikan berkisar hinga 5 sampai 10 persen. “Hitung-hitung untuk THR para petani kita, yang penting itu pasokannya, dan sampai saat ini di Palembang aman,” katanya.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten OKI, Herry Susanto SSos saat diwawancarai wartawan mengatakan, kunjungan Mendag, M Luthfi ke Provinsi Sumsel tepatnya di Kota Palembang ini, untuk melihat dan memantau harga barang pokok.

“Kedatangan Mendag, Muhammad Luthfi ke pasar – pasar yang berada di Kota Palembang untuk memantau secara langsung ketersediaan serta harga barang kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah,” ujarnya.

Ditambahkanya, tidak hanya itu saja, selain meninjau Pasar di KM 5 dan Pasar Cinde, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Muhammad Luthfi, Kepala Disperindag se-Sumsel dan beserta rombongan, juga mengunjungi pasar murah yang berada di rumah susun Kota Palembang, dimana pada saat ini ada sekitar tujuh lokasih pasar murah yang berada di Kota Palembang,” katanya.

Herry juga menjelaskan, Mendag beserta rombongan juga mengunjungi Rumah Limas, yang berada di kawasan Jalan Dipononegoro untuk melihat dan juga meninjau secara langsung pusat Tenun Songket yang berada di Kota Palembang.

“Tujuannya tidak lain agar para pengrajin Tenun Songket dapat terus menjaga serta meningkatkan kualitas Songket yang telah terkenal di bumi pertiwi ini,” ujarnya.

Ketika ditanya mengenai harga kebutuhan bahan pokok ditempatnya bekerja, Kepala Disperindagkop Kabupaten OKI, Herry Susanto SSos mengatakan. “Pemerintah Kabupaten OKI, khususnya Disperindagkop akan senantiasa terus berupaya untuk menjamin ketersediaan sembilan bahan pokok di pasar – pasar yang berada di Kabupaten OKI khususnya pasar Kota Kayuagung,” ungkapnya sembari juga akan berusahan semaksimal mungkin agar harga kebutuhan bahan pokok di bulan suci Ramdhan dan Hari Raya Idul Fitri tidak melonjak tinggi.

x

Check Also

OKI Optimalkan Potensi Lahan Pertanian

Kabupaten Ogan Komering Ilir  menjadi salah satu areal program strategis nasional Food Estate (lumbung pangan) ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com