Home / News / Pengunjung Danau Teloko Ramai, Jadi Sumber Pendapatan Baru Warga

Pengunjung Danau Teloko Ramai, Jadi Sumber Pendapatan Baru Warga

 

Hari libur adalah waktu tepat untuk bersenang-senang dengan keluarga dan orang terdekat untuk melepas penat setelah sepekan penuh berkutat dengan pekerjaan.

Jika ingin berlibur, Tidak perlu jauh-jauh keluar kota, Kini di Kecamatan Kota Kayuagung Ogan Komering Ilir tepatnya di Desa Tanjung Serang sudah ada obyek wisata eksotis ‘Danau Teloko’ yang sukses dikelola melalui dana desa.

Sejak diresmikan oleh Bupati Ogan Komering Ilir Nonaktif H. Iskandar, SE pada Februari lalu, danau ini sudah dikunjungi wisatawan hingga ribuan orang.

Pengunjung yang datang ke Danau Teloko rata-rata mengetahui keindahan danau teloko dari media sosial.

“Tau dari medsos, ramai, Kelihatan bagus. Jadi penasaran datang kesini” ungkap Triyanti Said salah satu pengunjung.

Kepala Desa Tanjung Serang Hermayani mengungkapkan ramainya pengunjung yang datang mengakibatkan antrian di dermaga pemberangkatan.

“Kalau hari libur atau sabtu minggu seperti ini pengunjung hampir 300 orang, hari kerja juga kisaran hingga 50 orang. Jadi sampai antri naik perahu untuk menuju kesana” Ungkap Hermayani saat dihubungi melalui ponselnya, Minggu (4/3/18).

Potensi Danau yang kini dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tanjung Mayan itu ungkap Hermayani sudah menjadi income desa.

“Tanggal 28 Februari kemaren BUMDES bukukan pendapatan hingga Rp 28 juta. Lumayan belum satu bulan dibuka” tuturnya Sumringah

Selain menguntungkan desa menurut Hermayani ramainya pengunjung danau teloko jadi sumber pendapatan baru warganya

“Alhamdulilah warga senang mereka bisa mendapat pengahasilan tambahan dari sewa perahu getek dan parkir kendaraan pengunjung” Tutur dia.

Kedepan menurut dia pemerintah desa dan pengelola akan terus meningkatkan pelayanan bagi pengunjung serta menambah wahana baru agar wisatawan tidak bosan.

“Kita terus inovasi buat permainan baru, tahun ini rencananya kita DAM pulau yang ada ditengah danau bisa untuk spot baru” pungkasnya.

Sementara itu Camat Kota Kayuagung, Dedy Kurniawan, S. STP mengungkapkan Untuk menarik minat masyarakat berkunjung, pihak desa juga sudah menyiapkan paket trip wisata. Pengunjung akan diajak berkeliling danau menggunakan kapal BUMDes berkapasitas 20 penumpang. Harga paket yang ditawarkan sangat terjangkau.

 

Berkisar Rp70 ribu per orang. “Sudah termasuk paket makan siang,” terangnya.

Bentangan Obyek Wisata Danau Teloko sendiri seluas 250 hektar. Sepanjang memandang mata akan dimanjakan riak air dan hembusan angin yang menenangkan.

Selain indah, Danau Teloko memang strategis. Lokasinya tidak jauh dari pusat keramaian kota Kayuagung. Hanya berkisar 20 menit saja. Tiket yang ditawarkan juga terbilang murah hanya Rp 15.000 perorang termasuk sewa getek milik warga.

Pengunjung dapat menikmati suasana keindahan danau dari restoran terapung yang disediakan oleh pengelola sambil menikmati hidangan khas daerah.

Bagi pengunjung yang gemar melakukan aktivitas memancing, melempar joran di Danau Teloko juga menjadi kegiatan mingguan yang sangat menyenangkan. Tidak hanya di tepian danau, para pemancing juga dapat melempar joran di tengah danau dengan perahu milik warga yang disewakan.

x

Check Also

Dukung Program Strategis Nasional, OKI Masuk Nominasi Penghargaan PU PR

  Kabupaten Ogan Komering Ilir  masuk nominasi daerah penerima penghargaan Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com