Home / News / Jalur Kereta PT BA akan Melintas diatas Tol Kapal Betung

Jalur Kereta PT BA akan Melintas diatas Tol Kapal Betung

 

Perusahaan Tambang Bukit Asam (PTBA) akan membangun jalur khusus batubara melalui moda kereta api.

Jalur kereta sepanjang 38,35 km tersebut akan melintasi 3 Kabupaten dan 1 kota, yaitu Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin dan Palembang.

Khusus wilayah OKI panjang rel yang melintas, sepanjang 3,6 Km dengan lebar 50 M. Rel tersebut berada di Desa Pedu dan Desa Simpang Kecamatan Jejawi OKI Mulai dari STA 11 sampai dengan STA 15,
rel singel track tersebut rencananya akan dilintasi oleh gerbong pengangkut batubara dengan volume berkisar 3.000 ton perhari.

Uniknya lagi, rel kereta tersebut juga akan melintas diatas tol Kayuagung-Palembang melalui fly over.

Terkait lintasan Flay Over diatas tol, tim Teknis PT BA, Sarjono mengungkapkan sudah berkoordinasi dengan PT Waskita.

“Untuk lintasan tol akan dibangun fly over. Kita sudah koordinasikan dengan Waskita” Ungkapnya.

Pembangunan jalur khusus batubara ini diperuntukan untuk mewujudkan Sumsel sebagai lumbung energi dengan menambah produksi hingga 60 juta ton pada 2022 mendatang dari semula hanya sekitar  25 juta ton per tahun.

“Tentunya, harus ada penambahan daya angkut agar dapat didistribusikan” Ungkap Pimpinan proyek Pengembangan angkutan Batubara Gedri pada rapat koordinasi pembangunan jalur khusus batubara di Pemkab OKI, Selasa, (9/7).

Gedri mengatakan, jalur kereta api ini cukup krusial di dalam penambahan produksi perusahaan. Pasalnya, kereta api merupakan satu-satunya angkutan yang bisa mengangkut batu bara dari lokasi tambang ke pelabuhan.

“Produksi ini harus in line dengan kemampuan kereta api. Distribusi harus diperkuat, apalagi kebutuhan batu bara untuk proyek 35 ribu Megawatt (MW) juga diperkirakan cukup besar,” ujarnya.

Adapun proyek jalur kereta api khusus batubara ini ditarget selama tiga tahun, yaitu persiapan lahan dan perizinan pada 2019, tahap kontruksi di Januari 2020 hingga 2022. Sedangkan Januari 2023 jalur kereta sudah produksi.

Sementara itu, Bupati OKI melalui Sekretaris Daerah, H. Husin, S. Pd, MM menyambut baik rencana pengembangan jalur angkutan khusus batubara yang melintasi wilayah OKI. Pemkab OKI menurut dia akan memberikan dukungan terhadap proyek untuk kepentingan nasional ini.

“Untuk kepentingan nasional, kami pemerintah daerah siap memfasilitasi baik dari segi administrasi maupun teknis jika sudah ada pelimpaham dari Gubernur” Ungkap Husin.

Sekda Husin menceritakan Kabupaten OKI banyak dilintasi proyek strategis nasional salah satunya jalan tol trans Sumatera. Koordinasi dan komunikasi antara pelaksana proyek dengan Pemkab maupun masyarakat menurut Husin sangat penting untuk keberlanjutan pembangunan.

“Koordinasi dan komunikasi penting dijalin untuk menanggulangi setiap permasalahan yang akan muncul sebagai dampak dari pembangunan” Tungkasnya.

Kepada PT BA Sekda juga mengingatkan dampak lingkungan dari pembangun proyek angkutan batubara mengingat jalur kereta api batubara akan melintasi persawahan, perkebunan rakyat juga sempadan sungai.

“Harus benar-benar diperhatikan dampak lingkungan dari proyek ini baik amdalnya maupun dampak sosial yang akan muncul ketika pelaksanaan” Ungkap Sekda.

x

Check Also

45 Anggota DPRD OKI Bersumpah Penuhi Kewajiban

  Sebanyak 45 anggota DPRD Kab Ogan Komering Ilir periode 2019-2024 bersumpah penuhi kewajiban sebagai ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com