Home / Tips / Hati-Hati, Anak Mudapun Menjadi Incaran Kanker Paru

Hati-Hati, Anak Mudapun Menjadi Incaran Kanker Paru

Kanker memang menjadi ancaman yang menakutkan banyak orang, ada beberapa jenis kanker. Salah satunya ialah kanker paru, kanker paru menjadi ancaman mematikan. “Dari 10 orang yang kena kanker paru, delapan orang meninggal tahun itu juga,” ujar Dr. Elisna Syahruddin, Ph.D, Sp.P(K) dari Departemen Pulmonologi dan Respiratori FKUI/RSUP Persahabatan, Jakarta.

Insiden kanker paru di Indonesia diperkirakan 40/100.000 penduduk berisiko. Yang dimaksud berisiko yakni laki-laki usia 40 tahun ke atas dan merokok. Tren kanker paru, menurut dr. Elisna, akan terus meningkat dan tidak akan turun dalam 10 tahun mendatang.

Untuk tumbuh menjadi 1 cm kanker paru, perlu waktu sekitar 10 tahun. Maka sekalipun semua orang di Indonesia berhenti merokok hari ini juga, bibit kanker sudah mulai tumbuh. Puncak usia penderita kanker paru yakni usia 40 tahun.

“Namun sekarang, jumlah kanker paru usia muda makin meningkat. Sudah ditemukan di usia 30-an,” ucap dr. Elisna.

Pasalnya, anak-anak sudah terpapar asap rokok sebagai perokok pasif sejak kecil. Menginjak usia remaja, banyak anak yang sudah mulai belajar merokok. Sehingga, paparan dengan rokok atau asap rokok makin dini dan panjang. Harapan hidup pasien kanker paru pun tidak kunjung naik. Median survival time atau  usia rata-rata harapan hidup penderita kanker paru yakni 10 bulan.

x

Check Also

Jika Lakukan 7 Kebiasaa ini, Dapat Membuatmu Tak Panjang Umur

OBMM, Kebiasaan yang sering kita lakukan sehari hari, ternyata sangat berdampak terhadap pola hidup kita. ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com