Home / News / Canting Raja & Secantik Cek Linda, Inovasi Dinkes OKI dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55

Canting Raja & Secantik Cek Linda, Inovasi Dinkes OKI dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55

Tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional ( HKN). Tahun ini, diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional yang ke-55. Adapun topik yang diangkat sebagai tema dari Hari Kesehatan Nasional 2019 adalah Generasi Sehat, Indonesia Unggul.
Tujuan dari peringatan HKN ke-55 adalah sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa dapat berperan serta dalam upaya kesehatan.
Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir di pusat dihalaman Pemda OKI (25/11/2019), bertindak sebagai Pembina Upacara Sekda OKI H. Husin S.Pd MM, yang di ikuti para peserta upacara dari berbagai unsur muspida di OKI.
Dalam Amanat Menteri kesehatan yang disampaikan H. Husin S.Pd MM menyampaikan “bangga atas capaian dalam pembangunan kesehatan. Namun, ia menyoroti isu-isu yang harus diwaspada seperti stunting, jaminan kesehatan nasional (JKN), penyediaan pelayanan dan kesehatan, harga obat hingga alat kesehatan dalam negeri.
Stunting sempat menjadi masalah kesehatan yang sangat disorot di Indonesia. Berdasarkan riset tahun 2013, prevelensi balita stunting di Indonesia mencapai angka 37,8 persen.
Hingga tahun 2019, dengan upaya-upaya dan koordinasi antar pihak, prevelensi balita stunting berubah menjadi 27,67 persen.
Kondisi tersebut menunjukkan telah adanya penurunan sebesar 10 persen dalam 6 tahun terakhir, tetapi stunting dinilai masih menjadi permasalahan serius di masyarakat.
Menkes juga mendorong dilakukannya upaya inovasi di bidang layanan kesehatan. Inovasi yang dimaksud bertujuan untuk melakukan efisiensi tindakan-tindakan yang mahal dengan terobosan-terobosan baru.
“Strategi pembangunan kesehatan yang kita bangun melalui penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui JKN, Germas, Indonesia Sehat, PIS-PK, dan Nusantara Sehat,” tutur Menteri Kesehatan Terawan dalam sambutannya di Hari Kesehatan Nasional ke-55.
Sementara, kegiatan HKN dirancang untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi dan tokoh masyarakat. Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, diharapkan semua sektor akan semakin sadar pentingnya pembangunan kesehatan.
Pada Kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan OKI H. Lubis S.Km M.KES juga mengatakan “Dalam rangka memperingati hari kesehatan nasional yang ke 55, dengan tema Generasi Sehat Indonesia Unggul, mari kita maknai komitmen ini, hari kesehatan ini, menjadikan individu berprilaku hidup bersih dan sehat kesehariannya melaksanakan, kegiatan-kegiatan preventi, promotiv, untuk menjada kesehatan, dalam rangka HKN ini juga kita melaksanakan beberapa kegiatan, melakukan pemeriksaan penyakit tidak menular, gula darah, kolesterol, tensi, dan asam urat”.
Lanjutnya “Ini kita lakukan dalam rangka mengecek kesehatan, terutama ASN yang berada di lingkup Pemda OKI, untuk memperhatikan kesehatannya, cekup kesehatannya, dan menjaga, bila jadi terjadi masalah kita dapat memberikan penyuluhan, memberikan edukasi terhadap individu untuk berprilaku hidup bersih dan sehat”.
Lubis juga menghimbau “kepada masyarakat pada umumnya dan asn pada khususnya, mari kita budayakan prilaki hidup bersih dan sehat, untuk menjaga kesehatan, karena sehat itu di mulai dari diri kita sendiri, kesehatan ini juga dapat di pengaruhi dari lingkungan, prilaku dan ini yang harus kita budayakan yang di mulai dari lingkungan yang sehat, prilaku yang sehat, dengan ini akan menciptakan individu yang sehat, keluarga yang sehat, desa sehat, kecamatan sehat, sampai kabupaten yang sehat dan indonesia yang sehat, menjadi masyarakat-masyarakat yang berproduktivitas”.
Pada peringatan hari kesehatan nasional ke 55 tahun 2019 Dinkes OKI juga mengadakan berbagai kegiatan lomba, yang di gelar di halaman Dinkes OKI.
x

Check Also

Disdik OKI : Upayakan Sekolah-Sekolah di OKI mendapat Pembelajaran dengan Teknologi

  Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun PGRI ke-74, Tahun 2019 Tingkat ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com