Home / News / Berdayakan Wanita Kepala Keluarga

Berdayakan Wanita Kepala Keluarga

 

Kebijakan membantu warga kurang mampu di Ogan Komering Ilir terus dilakukan dengan berbagai terobosan. Terbaru, perempuan tulang punggung keluarga yang tergabung dalam Pekka OKI menjadi obyek pemberdayaan melalui program pelatihan melalui akademi Paradigta.

“Dalam akademi ini, ibu-ibu dilatih dan diberikan pembelajaran menjadi pemimpin keluarga. Termasuk mengasah kemampuan ibu selain pekerjaan di rumah,” kata Ketua Serikat Pekka Kabupeten OKI, Yuliana Martadinata Kamis (26/4) di Sekretariat PKK Kabupaten OKI.

Dijelaskannya, para anggota serikat Pekka ini terdiri dari ibu-ibu yang menjadi kepala sekaligus tulang punggung keluarga.

“Tahun ini ada 21 orang ibu-ibu dari OKI dan OI yang mengikuti pelatihan melalui akademi Paradigta Pekka ini. Selama enam bulan, para ibu-ibu ini diberikan pelatihan untuk lebih meningkatkan kemampuan mereka,” jelasnya.

Yuliani menerangkan, masing-masing akademia ini sebagian memang sudah memiliki usaha dan keahlian di bidangnya masing-masing seperti pada bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan bidang lainnya.

“Jadi mereka dilatih lagi untuk lebih mandiri dan bisa mengembangkan diri serta usaha mereka. Termasuk dilatih bagaimana bersosialisasi dengan berbagai kalangan, termasuk pejabat bahkan Bupati,” terangnya.

“Tapi tugas mereka bukan hanya sebatas pelatihan dan pendidikan ini, melainkan akan terus jalan di kehidupan sehari-hari. Diharapkan dapat diterapkan di masyarakat, oleh karena itu pada pelatihan ini termasuk bagaimana mereka mengkoordinir yang lain,” tambahnya.

Plt Bupati OKI, H M Rifa’I, SE mengapresiasi program pemberdayaan yang dilakukan Pekka. Kegiatan ini menurut dia bagian upaya mendukung visi dan misi pemerintah kabupaten. Apalagi, serikat Pekka ini dapat membantu menyampaikan program pemerintah kepada masyarakat.

“Apalagi di dalam program dari Pekka ini ada yang namanya perlindungan sosial, ini yang tidak terpisahkan dari program pemerintah,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dalam penentuan kebijakan, pemerintah harus membuat kebijakan yang berbasis kebutuhan masyarakat.

“Forum ini diharapkan dapat memastikan OKI dalam membuat regulasi dan meningkatkan akses khususnya masyarakat miskin untuk menuju kesejahteraan,” jelasnya.

Menurutnya, dalam mewujudkan pemerintahan yang baik tidak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah saja, melainkan dibutuhkan dukungan dari segala pihak.

x

Check Also

OKI Percepat Pola Tanam IP 300

  Pemkab Ogan Komering Ilir (OKI) mempercepat pola tanam Indek Pertanaman (IP) 300, untuk mendorong ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com